Kangen Water, Kesehatan, Umum

​MANUSIA dan MESIN CUCI (1)

Suatu hari, tepatnya tanggal 30-des-16 Mesin cuci di rumah mogok.. si mesin cuci jenis satu tabung ini tak mau selesaikan tugasnya mengeringkan baju. 

4 jan 2017. Bapakku datang dan cek. Ternyata banyak sekali kotoran yg mengendap di dalam mesin. Setelah dibersihkan, tanpa baju kotor mesin cuci berhasil melalui proses pecucian sampai pengeringan. 
Namun.. 5 jan 2017, dicoba pakai baju kotor. Macet lagi.. ya ampun apa ini masalahnya??
Jumat, 6 jan 2017. Datang seorang teknisi mesin, pak haris namanya. Yups.. saya minta dia cek mesin. Ditunggunya proses demi proses. Daaan.. kesimpulan. Tidak ada yg rusak. Hanya ada beberapa kotoran yg menyumbat jalan keluar air. Proses pengeringan harus memastikan air di dalam mesin mengalir dengan semestinya, jika terhambat proses akan dihentikan. Itu kata bapak teknisi. 
Percakapan dengan pak haris tentang mesin cuci mengingatkan saya pada tubuh manusia. Mesin cuci yg hanya mesin itu mogok hanya krena terlalu banyak sisa kotoran hasil cucian mengendap disaluran pembuangan. Lah? Apa jadinya dengan tubuh kita yg jarang kita cek kesehatannya ke dokter??
Segala makanan masuk. Yg dikatakan sehat, yg dikarakan berhaya dikonsumsi jangka panjang semua masuk, pewarna buatan, perasa buatan, pemanis buatan juga ikut masuk (padahal wajah mungkinsudah sangat manis masih pula makan pemanis buatan? #Abaikan). 
Lalu, bagaimana dengan yang keluar? Pernahkan kita perhatikan? Seberapa sering BAK? Seberapa sering BAB? Pernah cek warna dan baunya?? (Yaaak! Udah bisa kluar aja syukur.)
Padahal warna dan baunya bisa jadi indikasi loh, tubuh sehat atau engga? Nah loh?? #LangsungCek 
Seperti hal nya mesin cuci yang kita tahu diterjennya bisa buat baju bersih (sama halnya denga makanan yg masuk ke tubuh), tambah air bersih, meski baju kotor, tapi proses cuci tentu menjadikan baju kotor jadi bersih (nutrisi yg dibutuhkan tubuh berhasil dicerna dan buat tubuh oke punya). Lantas, sisa air diterjen dan bilasan kemana?? Ya mengalir dengan leluasa lewat saluran pembuangan (ini proses BAK dan BAB dari sisa pembakaran makanan yg masuk yg tidak dibutuhkan tubuh).
Samaaa kaaaan??
Mesin cuci yg lama digunakan meski air kotor kluar dengan lancar, ternyata disaluran pembuangan masih saja menyisakan endapan kotoran. Nah, apakah manusia juga sama?
Jawabanya. SAMA.

Buktinya? Meski sering mengeluarkan dua bersaudara (BAK dan BAB), masih ada aja orang yg terserang penyakit dalam, seperti, kolestrol, Diabetes, jantung koroner, dll. (Dan penyakit ini adalah penyakit yg mematikan. #Horor ya?) 
Tahu kan penyebabnya apa?? Lama klo dijelaskan satu persatu. Intinya penyakit itu adalah hasil dari sisa makanan yg tidak dibutuhkan tubuh tapi tak mampu keluar bersama Si kembar BAK dan BAB, jdi mengendap berhari-hari berbulan-bulan bertahun-tahun.
Tak ada  penyakit yg tanpa prolog. Hati-hati dengan apa yang dimakan dan apa yg diminum (yang masuk ke dalam tubuh) sebah itulah prolog dari semua penyakit.
Yuk bersihkan tubuh dengan air sehat makanan sehat serta olahraga yg cukup. 
Salam Kamis pagi.. semangat sehat semangat hidup lebih berkualitas.
St Hana Herlina Zuhriah

Bogor, 19 Januari 2017
#SemangatHidupSehat

#PilihMakananSehat

#BanyakinMinum

#MinumnyaKangenWater

#OlahragaRutin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s